American Beauty menceritakan tentang kekacauan kompleks yang harus dihadapi oleh sebuah keluarga. Suami yang “menyukai” teman anaknya, istri yang selingkuh dengan saingan dagang real estatenya, anak yang tak peduli dengan orang tuanya. Lengkap sangatlah masalah yang dihadapi keluarga ini.

Sinopsis American Beauty (1999)

Merupakan sebuah film bergenre komedi-drama yang dirilis pada tahun 1999. Hampir 22 tahun telah berlalu sejak perilisan film ini, namun American Beauty belum kehilangan kepopulerannya.

Film klasik ini berhasil menyabet penghargaan Piala Oscar dengan kategori Best Picture, Best Director, Best Actor (Kevin Spacey), Best Original Screenplay, dan Best Cinematography.

American Beauty, Kisah Pria Paruh Baya Suka Teman Putrinya

Film yang dibintangi Kevin Spacey ini membahas isu-isu yang masih relevan dengan situasi sekarang, mulai dari kasih sayang orang tua, materialisme, mid-life crisis, dan percintaan.

Lester mengisahkan awal mula cerita dari saat ia masih hidup dan tinggal bersama putri dan istriya. Namun, Lester merasa bahwa dirinya sudah kehilangan wibawa sebagai seorang ayah dalam keluarganya.

Sebagai seorang Suami, Lester seperti seekor Singa tak berbulu, karena sang Istri, Carolyn (Annette Benning) juga seorang pekerja agen properti selalu memaksa dia untuk bertengkar. Ditambah lagi, anaknya, Jane adalah seorang remaja tanggung yang tak merasa bahagia seusianya.

Suatu malam, Lester dan Carolyn pergi ke sekolah untuk menyaksikan anaknya, Jane, tampil sebagai cheerleader. Awalnya Lester agak kesal datang ke sekolah, namun disana Lester malah menemukan sesuatu, matanya fokus pada teman Jane, Angela (Mena Suvari). Setelah malam itu Lester menjadi sering berkhayal dan berfantasi seksual tentang Angela.

Review Film American Beauty

Setiap karakter di American Beauty memiliki masalah psikologis masing-masing yang membikin cerita film menjadi kompleks dan unik.

Angela, seorang remaja yang sangat percaya diri dan bercita-cita menjadi model terkenal. Dia selalu bercerita tentang petualangan cintanya yang membuatnya terlihat semakin menarik, bahkan bisa membuat Lester tergila-gila kepadanya dan membuat perubahan diri yang sangat drastis.

Film yang dirilis di bulan Oktober 1999 silam, kini sudah bisa disimak di layar Netflix. Resapi kebobrokan moralitas yang dipaparkan dalam film sebagai cerminan bagi kita untuk bisa membangun keluarga yang memiliki pondasi iman dan akhlak yang baik.