Top 10 1. The Year of Living Dangerously (1982)

Sutradara: Peter Weir. Bintang: Mel Gibson, Sigourney Weaver, Linda Hunt.

Dilarang selama hampir sbobet 20 tahun di Indonesia, film ini akhirnya diputar di Jakarta pada tahun 2000, menyusul pengunduran diri presiden lama Suharto pada tahun 1998. Mel Gibson adalah yang terbaik muda, bermain reporter Australia Guy Hamilton, yang mengamati Indonesia meluncur ke dalam kekacauan dan kemiskinan ekstrim di bawah presiden pendiri Sukarno.

Linda Hunt memenangkan Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya sebagai Billy Kwan, pria kerdil yang membantu Hamilton mencapai kesuksesan profesional dan romantis.

Top 10 Set Film Terburuk di Indonesia

2. Merry Christmas, Mr Lawrence (1983)

Sutradara: Nagisa Oshima. Bintang: David Bowie, Tom Conti, Ryuichi Sakamoto.

Film perang yang tidak biasa ini menampilkan karya akting terbaik mendiang David Bowie. Ditetapkan pada tahun 1942 di kamp tawanan perang Jepang di dekat kota Sukabumi di Jawa Barat, ini adalah kisah mengharukan tentang berurusan dengan kawan, berurusan dengan musuh dan berurusan dengan diri sendiri.

3. Paradise Road (1997)

Sutradara: Bruce Beresford. Bintang: Glenn Close, Cate Blanchett, Frances McDormand.

Lihat lagi kegigihan jiwa manusia di kamp tawanan perang pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Berdasarkan kisah nyata, film ini mengikuti sekelompok wanita ekspatriat yang melarikan diri dari Singapura pada tahun 1942, hanya untuk berakhir di penjara di Sumatra.

4. Krakatoa, East of Java (1969)

Sutradara: Bernard L. Kowalski. Bintang: Maximilian Schell, Diane Baker, Brian Keith, Barbara Werle.

Bayangkan versi Titanic yang membosankan dengan gunung berapi dan tsunami, bukan gunung es. Judulnya sangat salah karena Krakatau (menggunakan ejaan yang benar) berada di barat Jawa.

Pembuatnya menyadari kesalahan itu, tetapi membiarkan judulnya tidak berubah karena mereka merasa itu terdengar lebih eksotis. Terlepas dari letusan gunung berapi, plot adalah fiksi murni.

5. Max Havelaar (1976)

Sutradara: Fons Rademakers. Bintang: Peter Faber, Sacha Bulthuis, Adendu Soesilaningrat.

Bertempat di Jawa pada masa kolonialisme yang buruk, film Belanda ini berdurasi hampir tiga jam dan layak untuk ditonton. Berdasarkan sebuah buku semi-otobiografi, itu menunjukkan seorang administrator Belanda yang idealis menjadi kecewa ketika ia menghadapi korupsi, kekejaman dan kemiskinan yang melekat.

6. Without Mercy (1995)

Sutradara: Robert Chappell. Pemain: Frank Zagarino, Ayu Azhari, Martin Kove.

Film aksi buruk ini masuk daftar hanya karena adegan seks Ayu Azhari, karena adegan cabul seperti itu tidak akan pernah bisa dibuat di Indonesia yang semakin konservatif saat ini.